RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetens : 1. Menerima
dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai
ciptaan Allah dalam relasinya dengan
ciptaan lain.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menerima keberadaan dirinya
sebagai pembe-rian Allah.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : -
Bersyukur kepada Allah nyanyian.
-
Mengenal dan merasakan kasih Tuhan melalui doa
Jenis Teks
: Terstruktur.
Aspek / Skill : Efektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu :
6 X30’
pertemuan : 1 dan 2
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
- Berlatih mengucapkan doa yang disusun oleh
guru yang berisi ucapan syukur karena telah diberi keselamatan dan kesehatan.
- Membiasakan diri senang berdoa.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajarn siswa dapat :
- Menyebutkan doanya mau belajar.
- Menyebutkan pujiannya kepada
Tuhan (kawan-kawan ingatlah selalui berdoa).
* Karakter siswa yang diharapkan :
- Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin,, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu, Peduli
linngkungan, Peduli sosial, Tanggungjawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
- Berorientasi tugas
dan hasil, berani mengambil
resiko, percaya diri, keorisinilan, berorientasi ke masa depan
B. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Memuji Allah melalui doa.
Pertemuan 2.
- Memuji Allah melalui doa dan pujian.
C. METODE / TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal :
- Berdoa, apresiasi : untuk apa
Tuhan memberikan mulut?
- Penjelasan tentang mengucap
syukur kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan inti :
* EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru :
- Menjelaskan pada anak
arti dari doa.
(nilai yang ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi)
* ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi ;
- Mengajak anak untuk
menirukan doa yang
diucapkan oleh guru. (nilai yang ditanamkan : Disiplin, Kreatif, Demokratif)
- Menirukan sikap doa
yang benar. (nilai yang ditanamkan : Rasa ingin
tahu, Gemar membaca)
* KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa ;
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif,
Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggungjawab)
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi,
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan, Peduli sosial,
Tanggung jawab)
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah
untuk berdoa).
-
Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab. Mazmur 106 : 1-2.
- Guru dan peserta didik.
- Buku KTSP : ”Tuhan Mengasihi
Aku”
F. PENILAIAN
- Tehnik : Lisan, Unjuk kerja, Perilaku.
- Bentuk : Pertanyaan lisan, Isian dan Kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian afektif, kognitif,
psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab
|
* Bersyukur kepada
Allah melalui nyanyian dan doa.
|
Tes Tulis
|
Isilah titik-titik
|
* Memuji Tuhan de-ngan
hati yang ..................
* Salah
satu cara memuliakan Tuhan adalah dengan
...............
* Menyanyi dengan sedih adalah ung-kapan
............
* Ungkapan syukur dapat dilakukan dengan
................
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 1. Menerima dan mensyukuri keberadaan
dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan
lain
Kompetensi Dasar :
1.1. Menerima keberadaan dirinya sebagai pembe-rian Allah.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : -Bersyukur kepada Allah nyanyian dan doa.
-
Memiliki sikap menghargai ciptaan Tuhan
Jenis Teks
: Terstruktur.
Aspek / Skill : Efektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu :
6 X30’
pertemuan : : 3 X 4
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Berdoa dengan sikap yang benar, urut dan
jelas.
- Menyanyikan pujian syukur secara ekspresif.
- Membiasakan
diri untuk memuji dan berdoa kepada Tuhan.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menghafalkan Doa Bapa Kami.
- Berekspresi dengan pujian.
* Karakter siswa yang diharapkan
:
- Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin
tahu, Peduli linngkungan, Peduli sosial, Tanggungjawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
- Berorientasi tugas dan
hasil, berani mengambil resiko, percaya
diri, keorisinilan, berorientasi ke masa depan
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Doa yang benar sesuai dengan ajaran
Tuhan Yesus (Doa Bapa Kami)
Pertemuan 2.
- Menyusun kalimat untuk berdoa
makan, berdoa sebelum dan sesudah belajar.
C. METODE / TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
- Pemberian tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa dan memuji Tuhan.
- Apresiasi.
- Penjelasan.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru :
-
Menjelaskan arti Doa bagi
orang percaya. (nilai yang ditanamkan : Religius,
Jujur, Toleransi)
* Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mengajak anak untuk menirukan Doa Bapa
Kami. (nilai yang ditanamkan : Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Demokratif)
-
Berlatih menyusun kalimat doa sesuai kebutuhannya.
(nilai yang ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa :
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan : Religius,
Jujur, Toleransi, Disiplin, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab)
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
(nilai yang ditanamkan : Religius,
Jujur, Toleransi, Disiplin,
Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan, Peduli
sosial, Tanggung jawab)
Kegiatan Akhir :
- Doa Penutup.
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab Matius 6 : 9-13.
- Lagu-lagu Rohani.
- Buku KTSP : ”Tuhan Mengasihi Aku”
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Tertulis, unjuk kerja, perilaku.
- Prosedur : Non Test.
- Bentuk : Penilaian kognitif, jawaban singkat, lisan, penilaian efektif, skala
penampilan / sikap, psikomotor.
- Instrumen : Efektif, kognitif, psikomotor.
G.
EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Peduli lingkungan,
Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Bersyukur kepada
Allah melalui nyanyian dan doa.
|
Tes Tulis
|
Lengkapilah kalimat Doa Bapa Kami
|
* Bapa Kami yang
.................
* Dikuduskanlah .................
* Datanglah ............
* Jadilah ...............
* Dibumi seperti didalam ...............
* Berilah kami pada
hari ini ................ yang secukupnya
* Dan ampunilah kami
akan ..........
* Seperti kami juga
mengampuni ........ yang bersalah kepada kami
* Janganlah membaw kami
kedalam ..............
* Tetapi lepaskanlah
kami dari yang ...................
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 1.
Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan
lain.
Kompetensi Dasar : 1.1.
Menerima keberadaan dirinya sebagai pembe-rian Allah.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : - Menceritakan
keadaan dirinya
sebagai ciptaan Allah.
- Menyebutkan nama-nama hewan di sekitarnya
- Menyayangi binatang sebagai
ciptaan Tuhan
Jenis Teks : Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu :
6X 30’
Pertemuan : pertemuan
5 dan 6
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Mengamati hewan dan
perilakunya yang ada disekitar sekolah.
- Menyebutkan nama hewan yang
ada disekitar sekolah.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
- Membedakan kenampakkan fisik
dan perilaku yang diamati dengan dirinya.
- Bersyukur atas dirinya yang
diciptakan Allah paling sempurna.
* Karakter siswa yang
diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja keras,
Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Peduli lingkungan, Peduli sosial,
Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Sejarah penciptaan dunia dan
seisinya dari hari pertama sampai hari ke 6.
Pertemuan 2.
- Menyebutkan bermacam-macam
ciptaan Tuhan.
- Menyebutkan keistimewaan
manusia.
C.
METODE TEHNIK
- Ceramah.
- Pemberian tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa dan memuji Tuhan (Hari
Senin s/d Hari Minggu harinya Tuhan).
- Apresiasi : Sebutkan
nama-nama hewan yang kamu ketahui!
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengamati hewan dan perilakunya
yang ada disekitar
sekolah. (nilai yang ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi).
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Menceritakan penciptaan dunia dan segala
isinya. (nilai yang
ditanamkan : Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif).
-
Mengajak anak untuk menyebutkan bermacam-macam binatang, tumbuh-tumbuhan dsb. (nilai yang ditanamkan :
Rasa ingin tahu, Gemar membaca).
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa
ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,
Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memberi suatu kesimpulan
tentang manusia adalah makhluk yang
paling mulia / sempurna.
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab : Kejadian 1 : 1-27.
- Alam sekitar.
- Buku KTSP : “Tuhan Mengasihi Aku”
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Lisan, Portofolio, Produk.
-
Prosedur : Test.
- Bentuk :
Penilaian kognitif, lisan, jawaban singkat, menyusun laporan.
-
Instrumen : Afektif, kognitif,
psikomotor.
G.
EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Menceritakan keadaan
dirinya sebagai ciptaan Allah
|
Tes Tulis
|
Isilah titik-titik
|
* Manusia diciptakan dan
.......................
* Manusia pertama adalah ..................
* Ciptaan Tuhan yang paling mulia adalah
...............
* Tuhan menciptakan dunia selama
.................
* Adam dan Hawa diciptakan Allah pada hari ke
..........
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 1.
Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan
lain.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menerima keberadaan dirinya sebagai
pembe-rian Allah.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : Bersukacita atas keberadaan dirinya.
Jenis Teks : Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
7 dan 8
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Memberikan tanggapan terhadap
sikap, kebiasaan tertentu.
- Memberikan tanggapan terhadap
kekurangan orang lain (cacat / mental / kepribadi-an).
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
- Melakukan kegiatan merawat
tubuh.
- Mengungkapkan perasaan bangga
dan bersyukur dalam pujian dan doa.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur,
Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Menjelaskan dan mengenali
banyak anggota tubuh dan manfaatnya.
Pertemuan 2.
- Cerita tentang Samuel.
C.
METODE TEHNIK
- Ceramah.
- Demonstrasi.
- Bermain peran.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa dan memuji Tuhan.
- Apresiasi : Apakah guna kaki kita?
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Menjelaskan bersukacita atas keberadaan
dirinya. (nilai yang ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi).
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Melakukan kegiatan merawat tubuh. (nilai yang ditanamkan
: Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif).
-
Mengajak anak untuk menyebutkan anggota tubuh dan manfaatnya, dilanjutkan
dengan cara merawatnya. (nilai yang ditanamkan
: Rasa ingin tahu, Gemar membaca).
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa
ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
(nilai yang ditanamkan : Religius,
Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu,
Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan ”Tanganku ada dua”
- Berdoa penutup.
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab : I Korintus 12 : 12-31; I Samuel 2 : 11-26.
- Buku KTSP : “Tuhan Mengasihi Aku”
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Tertulis, unjuk kerja dan perilaku.
- Prosedur : Test.
- Bentuk :
Tertulis.
-
Instrumen : Penilainan kognitif,
tertulis, subyektif, afektif, skala sikap.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Bersukacita atas
keberadaan dirinya
|
Tes Tulis
|
Isilah titik-titik
|
* Anak asuh Imam Eli
bernama .....................
* Samuel seorang anak yang rajin
..................
* Yang mendidik Samuel di Bait Allah adalah
............
* Supaya rapi rambut harus di
......................
* Kuku
yang panjang hendaknya di .....................
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi : 1.
Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menerima keberadaan dirinya sebagai
pembe-rian Allah.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
Bersukacita atas keberadaan dirinya.
Jenis Teks :
Terstruktur.
Aspek / Skill :
Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 3X 30’
pertemuan :
9
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menyebutkan kegunaan anggota
tubuh.
- Menjelaskan pentingnya kerjasama
terutama dalam kaitannya dengan persekutuan..
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif, Rasa
ingin tahu, Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Hubungan anggota tubuh.
- Kebersihan tubuh.
C.
METODE TEHNIK
- Ceramah.
- Demonstrasi.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa dan memuji Tuhan.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Menjelaskan bersukacita atas keberadaan
dirinya. (nilai yang ditanamkan
: Religius, Jujur, Toleransi).
-
Menjelaskan bersih secara jasmani
dan rohani. (jasmani : bebas dari kuman, tidak bau dll,
rohani : jujur, rajin berdoa). (nilai yang ditanamkan
: Rasa ingin tahu, Gemar membaca).
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Menyebutkan kegunaan anggota tubuh. (nilai yang ditanamkan : Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif).
-
Bermain peran lapar : ada peranan
tangan, kaki, mata, mulut dan hidung. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca).
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan : Religius,
Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu,
Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa
ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Doa penutup.
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab : Roma 12 : 4-8; I Korintus 12 : 12-31.
- Lingkungan sosial.
- Buku KTSP : “Tuhan Mengasihi Aku”
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Lisan, unjuk kerja, perilaku dan produk.
- Prosedur :
Non test.
- Bentuk :
Lisan.
- Instrumen : Kognitif, afektif, skala penampilan,
psikomotor.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Bersukacita atas
keberadaan dirinya
|
Tes Tulis
|
Isilah titik-titik
|
* Mulut dapat dipakai
untuk .................... dan .....................
* Kita mendengar dengan ................
* Ibu jari sering dipakai untuk
.............. orang
* Hidung digunakan untuk ................
* Jari
yang sering dipakai untuk menunjuk adalah jari ................
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi :
1. Menerima dan mensyukuri keberadaan
dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain.
Kompetensi Dasar :
1.2. Siswa dapat menjawab kasih Allah
dengan cara mengasihi keluarganya.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
Menjelaskan makna pemeliharaan
Allah atas ke-luarganya.
Jenis Teks :
Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
10 dan 11
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menjelaskan yang dimaksud
dengan keluarga.
- Menjelaskan kebiasaan-kebiasaan yang
dilakukan oleh keluarganya.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Tentang keluarga yang saling
mengasihi.
Pertemuan 2.
- Tanggung jawab dan kewajiban
anggota keluarga.
- Menyebutkan
keistimewaan-keistimewaan manusia.
C.
METODE TEHNIK
- Ceramah.
- Demonstrasi.
- Bermain peran.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa dan memuji Tuhan.
(Kucinta keluarga Tuhan).
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Menjelaskan tentang arti sebuah
keluarga (jasmani : bebas dari kuman, tidak bau dll, rohani : jujur,
rajin berdoa). (nilai yang ditanamkan : Rasa ingin tahu,
Gemar membaca)
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Menyebutkan tugas masing-masing anggota keluarga. (nilai yang ditanamkan : Religius,
Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu,
Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan :
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa
ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa
ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (Kucinta keluarga
Tuhan).
- Doa
penutup.
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab
: Efesus 5 : 1-10; Amsal 4 : 1-13; Kolose 3 : 18; 4 : 6.
- Lingkungan keluarga.
-
Buku KTSP : “Tuhan Mengasihi Aku”
F. PENILAIAN
- Tehnik : Tertulis, portofolio.
- Prosedur : Test.
- Bentuk : Uraian, aktifitas.
- Instrumen : Penilaian kognitif, psikomotor, pengamatan perilaku.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Menjelaskan makna
pemeliharaan Allah atas keluarganya
|
Tes Tulis
|
Isilah titik-titik
|
* Keluargaku terdiri
dari ayah, ibu dan ...................
* Di rumah aku sering membantu ibuku
..............
* Bapak bekerja untuk mencari ...........
demi keluargaku.
* Apabila
adikku bermain, aku harus ...........
* Nasehat
orang tua harus aku ............
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP. 197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 1.
Menerapkan makna mengsihi dan menghargai manusia dalam keberbagian dan
perbedaan yang ada.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mensyukuri keberbagian suku, agama
dan bahasa.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
Menyebutkan bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa.
Jenis Teks : Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
1 dan 2
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan.
- Mensyukuri keberbagian suku, agama dan
bahasa.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menyebutkan bermacam-macam
suku bangsa, agama dan bahasa.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Berbagai macam suku bangsa,
agama dan bahasa.
Pertemuan 2.
- Bermacam-macam nama bangsa.
C. METODE TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
-
Berdoa, apresiasi : untuk apa Tuhan menciptakan bermacam-macam suku bangsa,
agama dan bahasa?
- Penjelasan tentang mengucap syukur
kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mendiskusikan keanekaragaman bangsa Indonesia. (nilai yang ditanamkan : Toleransi,
Disiplin, Kerja keras).
-
Menghalalkan agama yang ada di Indonesia. (nilai yang ditanamkan :
Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli
sosial, Tanggung jawab)
-
Menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, (nilai yang ditanamkan :
Religius, Jujur)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah
untuk berdoa).
- Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab.
- Buku pegangan PAK dan pendamping yang
relevan.
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Penugasan, tertulis, lisan.
-
Bentuk : Pertanyaan lisan,
isian dan kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian efektif, kognitif, psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Menyebutkan
bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa.
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
* Sebutkan suku dan
agama yang ada di Indonesia!
* Nyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya!
* Nyanyikan
lagu Yesus cinta segala bangsa!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi :
1. Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan yang ada.
Kompetensi Dasar :
1.1. Mensyukuri keberbagian suku, agama dan bahasa.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
Menyebutkan beberapa bangsa.
Jenis Teks :
Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
3 dan 4
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan.
- Mensyukuri keberbagian suku, agama dan
bahasa.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menyebutkan beberapa bangsa.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Berbagai macam suku bangsa,
agama dan bahasa.
Pertemuan 2.
- Bermacam-macam nama bangsa.
C. METODE TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa, apresiasi : untuk apa Tuhan
menciptakan bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa?
- Penjelasan tentang mengucap syukur
kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mendiskusikan keanekaragaman bangsa Indonesia. (nilai yang ditanamkan :
Toleransi, Disiplin, Kerja keras).
-
Menghalalkan agama yang ada di Indonesia. (nilai yang ditanamkan :
Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli
sosial, Tanggung jawab)
-
Menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya, (nilai yang ditanamkan :
Religius, Jujur)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah
untuk berdoa).
- Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab.
- Buku pegangan PAK dan pendamping yang
relevan.
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Penugasan, tertulis, lisan.
- Bentuk :
Pertanyaan lisan, isian dan kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian afektif, kognitif, psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Menyebutkan beberapa
bangsa.
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
* Sebutkan beberapa
nama-nama bangsa!
* Sebutkan nama-nama ibukota beberapa bangsa!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 1.
Menerapkan makna mengasihi dan menghargai manusia dalam keberbagian dan
perbedaan yang ada.
Kompetensi Dasar :
1.1. Mensyukuri keberbagian suku, agama dan bahasa.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : Menceritakan bahwa Allah mencintai semua
suku dan bangsa.
Jenis Teks :
Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
4 dan 5
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa dapat
:
- Mensyukuri keberbagian suku, agama dan
bahasa.
- Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menceritakan bahwa Allah
mencintai semua suku dan bangsa.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Berbagai macam suku bangsa,
agama dan bahasa.
Pertemuan 2.
- Tuhan mengasihi semua bangsa.
C.
METODE TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa, apresiasi : untuk apa Tuhan
menciptakan bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa?
- Penjelasan tentang mengucap syukur
kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mendiskusikan keanekaragaman bangsa Indonesia. (nilai yang ditanamkan :
Toleransi, Disiplin, Kerja keras).
-
Tuhan mengasihi semua bangsa. (nilai yang ditanamkan : Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,
Tanggung jawab)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah
untuk berdoa).
- Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab.
- Buku pegangan PAK dan pendamping yang
relevan.
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Penugasan, tertulis, lisan.
- Bentuk :
Pertanyaan lisan, isian dan kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian afektif, kognitif, psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Menceritakan bahwa
Allah mencintai semua suku dan bangsa.
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
* Sebutkan suku dan
agama yang ada di Indonesia!
* Nyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya!
* Nyanyikan lagu Yesus
cinta segala bangsa!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi :
1. Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan yang ada.
Kompetensi Dasar :
1.1. Mensyukuri keberbagian suku, agama dan bahasa.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
Mempraktekkan sikap mengasihi teman-teman yang berasal dari berbagai latar
belakang.
Jenis Teks :
Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
5 dan 6
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Mensyukuri keberbagian suku, agama dan
bahasa.
- Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Menceritakan bahwa Allah
mencintai semua suku dan bangsa.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Berbagai macam suku bangsa,
agama dan bahasa.
Pertemuan 2.
- Berteman tanpa membedakan
latar belakangnya.
C. METODE TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa, apresiasi : untuk apa Tuhan
menciptakan bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa?
- Penjelasan tentang mengucap syukur
kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
* Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mendiskusikan keanekaragaman bangsa Indonesia. (nilai yang ditanamkan :
Toleransi, Disiplin, Kerja keras).
-
Tuhan mengasihi semua bangsa. (nilai yang ditanamkan : Kreatif, Demokratif,
Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa
ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah
untuk berdoa).
- Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab.
- Buku pegangan PAK dan pendamping yang
relevan.
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Penugasan, tertulis, lisan.
- Bentuk :
Pertanyaan lisan, isian dan kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian afektif, kognitif, psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Menceritakan bahwa
Allah mencintai semua suku dan bangsa.
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
* Sebutkan suku dan
agama yang ada di Indonesia!
* Nyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya!
* Nyanyikan lagu Yesus
cinta segala bangsa!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi :
1. Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan yang ada.
Kompetensi Dasar : 1.2. Mengasihi teman dan guru sesama di
sekolah dan sekitarnya.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : Bergaul dengan semua teman tanpa
memilih-milih.
Jenis Teks :
Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
6 dan 7
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Mensyukuri keberbagian suku, agama dan
bahasa.
- Doa menyanyikan lagu rohani.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Mengasihi semua orang.
- Hidup saling mengasihi,
memperhatikan dan tolong-menolong.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Doa menyanyikan lagu rohani.
Pertemuan 2.
- Bergaul dengan semua teman
tanpa memilih-milih.
- Menghargai perbedaan.
C.
METODE TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa, apresiasi : untuk apa Tuhan
menciptakan bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa?
- Penjelasan tentang mengucap syukur
kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mendiskusikan keanekaragaman bangsa Indonesia. (nilai yang ditanamkan :
Toleransi, Disiplin, Kerja keras).
-
Mengajak berteman tanpa membedakan latar belakangnya. (nilai yang
ditanamkan : Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah
untuk berdoa).
- Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab.
- Buku pegangan PAK dan pendamping yang
relevan.
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Penugasan, tertulis, lisan.
- Bentuk :
Pertanyaan lisan, isian dan kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian afektif, kognitif, psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Bergaul dengan semua
teman tanpa memilih-milih.
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
* Tulislah perbuatan
kasih apa saja yang pernah kamu lakukan!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 1.
Menerapkan makna mengasihi dan menghargai manusia dalam keberbagian dan
perbedaan yang ada.
Kompetensi Dasar :
1.2. Mengasihi teman dan guru sesama di sekolah dan sekitarnya.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
Menjalin persahabatan dengan teman-teman.
Jenis Teks : Terstruktur.
Aspek / Skill : Afektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
7 dan 8
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa dapat
:
- Mensyukuri keberbagian suku, agama dan
bahasa.
- Doa menyanyikan lagu rohani.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Mengasihi semua orang.
- Hidup saling mengasihi,
memperhatikan dan tolong-menolong.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreaktif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
- Doa menyanyikan lagu rohani.
Pertemuan 2.
- Bergaul dengan semua teman
tanpa memilih-milih.
- Menghargai perbedaan.
C. METODE TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa, apresiasi : untuk apa Tuhan
menciptakan bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa?
- Penjelasan tentang mengucap syukur
kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mendiskusikan bebagai macam suku bangsa, agama dan bahasa. (nilai yang
ditanamkan : Toleransi, Disiplin, Kerja keras).
-
Mengajak berteman tanpa membedakan latar belakangnya. (nilai yang
ditanamkan : Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah
untuk berdoa).
- Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab.
- Buku pegangan PAK dan pendamping yang
relevan.
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Penugasan, tertulis, lisan.
- Bentuk :
Pertanyaan lisan, isian dan kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian afektif, kognitif, psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Bergaul dengan semua
teman tanpa memilih-milih.
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
* Nyanyikan Yesus
itulah satu-satunya!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah. Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001
NIP.
197005072000031003
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N GANG AUT
Mata Pelajaran : Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi :
1. Menerapkan makna mengasihi dan
menghargai manusia dalam keberbagian dan perbedaan yang ada.
Kompetensi Dasar : 1.2. Mengasihi teman dan guru sesama di
sekolah dan sekitarnya.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : Mengasihi semua orang tanpa melihat
perbedaan yang ada. Jenis Teks :
Terstruktur.
Aspek / Skill : Efektif, Psikomotorik
Alokasi Waktu : 6 X 30’
pertemuan :
8 dan 9
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Mensyukuri keberbagian suku, agama dan
bahasa.
- Doa menyanyikan lagu rohani.
Pertemuan 2.
Pada akhir pelajaran siswa
dapat :
- Mengasihi semua orang.
- Hidup saling mengasihi,
memperhatikan dan tolong-menolong.
* Karakter siswa yang diharapkan :
-
Religius, Jujur, Disiplin,
Kerja keras, Kreatif,
Demokratif, Rasa ingin
tahu, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
* Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
-
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan.
B. MATERI PELAJARAN
Pertemuan 1.
- Doa menyanyikan lagu rohani.
Pertemuan 2.
- Bergaul dengan semua teman
tanpa memilih-milih.
- Menghargai perbedaan.
C.
METODE TEHNIK
- Demonstrasi.
- Ceramah.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Kegiatan Awal :
- Berdoa, apresiasi : untuk apa Tuhan
menciptakan bermacam-macam suku bangsa, agama dan bahasa?
- Penjelasan tentang mengucap syukur
kepada Tuhan melalui doa.
Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
-
Mengajak anak untuk menirukan doa yang diucapkan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan : Rasa ingin tahu, Gemar membaca)
*
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
-
Mendiskusikan bebagai macam suku bangsa, agama dan bahasa. (nilai yang
ditanamkan : Toleransi, Disiplin, Kerja keras).
-
Mengajak berteman tanpa membedakan latar belakangnya. (nilai yang
ditanamkan : Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab)
*
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa :
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan : Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif,
Rasa ingin tahu).
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan
: Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab).
Kegiatan Akhir :
- Memuji Tuhan (kawan-kawan ingatlah untuk
berdoa).
- Berdoa (penutup).
E. SUMBER BELAJAR
- Alkitab.
- Buku pegangan PAK dan pendamping yang
relevan.
F. PENILAIAN
- Tehnik :
Penugasan, tertulis, lisan.
- Bentuk :
Pertanyaan lisan, isian dan kreatifitas.
- Instrumen : Penilaian afektif, kognitif, psikomotor, tertulis.
G. EVALUASI
Nilai Budaya &
Karakter
Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tehnik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
* Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif, Rasa ingin tahu, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
|
* Mengasihi semua orang
tanpa melihat perbedaan yang ada.
|
Tes Tulis
|
Jawaban singkat
|
* Sebutkan 2 kegunaan
tangan!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah.
Guru Mata Pelajaran
NADYA W.S ULISAUT NAINGGOLAN, S.Si
NIP. 195505231975122001 NIP.
197005072000031003
salam..
BalasHapusbisakah saya minta rpp pak sd versi doc.
termakasih
Salam kenal, versi dokumen dapat anda download secara gratis di laman blog.Terima kasih.
BalasHapusLebih jelasnya anda dapat mendownload RPP di laman blog yang tercantum di bawah ini:
BalasHapushttp://www.rppaagamakristensd.blogspot.com
adakah RPP versi PDF?
Hapus